Saturday 14 September 2019

Se'i Sapi Kana, Cita Rasa Nusa Tenggara Timur di Tanah Jogja


Meskipun belum pernah saya menginjak Nusa Tenggara Timur, saya sudah sempat mencicipi makanan khas daerah tersebut yaitu se'i. Memang saya belum tahu pasti bagaimana cita rasa se'i sesungguhnya secara otentik langsung di Nusa Tenggara Timur. Tapi setelah pertama kali mencicipi di salah satu rumah makan se'i di Bandung, saya seperti terhipnotis oleh lezatnya daging asap khas Nusa Tenggara Timur ini. Nah, sekarang di Jogja sudah bisa nyicip makanan khas NTT ini lho! Yaitu di rumah makan Se'i Sapi Kana.

Se'i adalah makanan khas tradisional Nusa Tenggara Timur berupa daging asap. Daging diolah dengan menggunakan kayu bakar namun tidak langsung terkena api, melainkan asap dari api tersebut yang mematangkan daging. Penyanjiannya setelah matang daging tersebut kemudian diiris tipis-tipis untuk disantap.

Menurut penuturan teman saya yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, se'i aslinya menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya. Terpujilah bagi rumah makan se'i di Bandung yang menggunakan daging sapi. Jadi, saya bisa mencicipinya. Tapi selain sapi, se'i juga bisa menggunakan daging ayam, lidah sapi, bahkan ikan sekalipun.

Sepindahnya saya ke Jogja, saya tidak menemukan adanya rumah makan se'i. Serius, saking sukanya saya dengan se'i Sapi yang saya cicipi di Bandung, saya jadi ngidam dengan daging asap ini. Bahkan sampai suatu hari teman saya dari Bandung akan berkunjung ke Jogja, saya titip se'i sapi dari rumah makan Se'i Sapi Lamalera.

Tak Sengaja Menemukan Se'i Sapi di Jogja
Kemarin saya dan Mas berkendara menuju Jalan Seturan untuk mencari kios fotocopy untuk memindai beberapa berkas persayaratan beasiswa saya. Saat menelusuri sepanjang jalan, saya menemukan papan nama rumah makan dengan kata se'i.

Salah lihat apa, ya?

Saya menoleh sekali lagi untuk membaca ulang papan nama tersebut. Ternyata benar, se'i! 😍

Tidak menemukan kios fotocopy, kami memutar jalan kembali karena sempat melewati kios fotocopy yang letaknya tidak jauh dari rumah makan se'i yang saya lihat.

Sekali lagi benar. Itu rumah makan se'i! Saking nggak percayanya saya, hehe. Ketika memastikan itu rumah makan se'i, lantas saya mengajak Mas untuk mampir makan ke rumah makan tersebut. Padahal, sekitar satu jam yang lalu kami habis makan siang.

Usai memindai berkas, kami menuju rumah makan se'i tersebut. Rumah makan itu bernama Se'i Sapi Kana. Kana adalah singkatan dari Kaka-Nona, panggilan untuk laki-laki dan perempuan diambil dari bahasa NTT.



Ada apa aja di Se'i Sapi Kana?
Menu se'i yang tersedia di rumah makan Se'i Sapi Kana ada ayam, sapi, dan lidah dengan empat macam sambal dan dua macam porsi yaitu reguler dan jumbo. Harga satu porsi se'i mulai dari Rp 15,000 hingga Rp 55,000.

Salah satu sambal yang unik dan khas adalah sambal lu'at. Seketika saya sedikit nostalgia ketika saya menyantap se'i sapi di rumah makan Se'i Sapi Lamalera. Saya selalu memesan se'i sapi dengan sambal lu'at ini.

Rasa sambal lu'at pedas dan agak asem. Lidah saya cocok menyantap se'i sapi dengan sambal lu'at. Mereka seperti pasangan yang serasi.

Tidak pikir panjang, saya memesan pasangan ini dengan porsi reguler saja. Sedangkan Mas, saya pilihkan se'i sapi dengan sambal rica-rica. Se'i sapi porsi reguler yang saya pesan harganya Rp 20,000. Kalau jumbo harganya Rp 35,000.

Porsi Reguler Se'i Sapi dan nasi

Satu porsi se'i di rumah makan Se'i Sapi Kana sudah termasuk daging asap se'i, sambal, tumis daun pepaya, dan kuah. Karena tidak termasuk nasi, jadi harus dipesan secara terpisah.

Selain porsi tersebut, ada juga porsi long board platter yang bisa dinikmati 4-6 orang. Lebih asyik makan rame-rame dengan memesan menu ini.

Sementara untuk minuman standar saja, seperti teh, es jeruk, milkshake, teh tarik, air mineral, dan sebagainya.


Se'i Sapi dan Sambal Lu'at

Se'i Sapi Sambal Rica-Rica

Kalau kamu tinggal di Jogja dan ingin kuliner mencoba makanan yang berbeda, mungkin kamu bisa mencicipi daging asap khas Nusa Tenggara Timur di Se'i Sapi Kana ini. Worth to try!! Sekaligus menambah kamus perkunileranmu tentang makanan tradisional. 😃



Se'i Sapi Kana, Kaka Nona
Alamat: Seturan (Depan STIE YKPN), Jl. Raya Kledokan No.7, Caturtunggal, Depok, Slema, DIY. 55281
Jam Operasional: 11.00 - 23.00

2 comments:

  1. Makasih kak infonya, udah lama ada pengen nyoba tp belum pernah nyoba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Kak. Sama-sama, yaa. Cobain aja, Kak. Sei Sapinya enak, kok! 😊

      Delete