Tuesday 8 March 2016

Get Ready for #24HourProject

Semenjak nggak pernah traveling jauh lagi, saya jadi suka jepret di jalanan. Alias street photography. Beberapa minggu yang lalu secara nggak sengaja saya dapat info ada sebuah project tentang street photography. Namanya adalah 24 Hour Project.


24 Hour Project itu adalah sebuah event bagi para pemotret jalanan (street photographer) untuk mendokumentasikan kota masing-masing. Event ini diadakan di seluruh kota di dunia. Jadi, bisa dibilang the world's largest street photography event. 

Cara partisipasinya gampang. Tinggal daftar di 24hourproject.org dan tunggu tanggal mainnya. Di situsnya juga ada info-info tentang siapa aja yang ikut, udah berapa kota yang berpartisipasi, hingga info detail mengenai acaranya.

Project ini udah diadain selama 5 tahun dan yang berpartisipasi semakin bertambah. Aturan mainnya gampang, tapi juga menantang. Yaitu pada hari H-nya harus ngupload 1 foto setiap jam selama 24 jam dan foto-foto yang di upload harus dijepret pada saat hari H. Dengan kata lainnnnn ya selama 24 jam kudu jepret. Tahun ini temanya tentang Human Condition. Semacam human interest gitu. Selain itu, tahun ini 24 Hour Project mensupport NGO She Has Hope, yang diharapkan foto-foto dari partisipan dapat memberikan motivasi kepada para korban human trafficking.

Ini pertama kalinya saya ikut. Saya tertarik banget dengan event ini. Sampai saya mengajukan diri untuk jadi ambassador di kota Bandung, yang sampai saat ini yang daftar dari Bandung cuma saya doang. Padahal saya yakin sih di Bandung ini banyaaaak banget street photographer yang bahkan udah terkenal di dunia IG. Tapi, yasudahlah. Walaupun follower saya nggak sebanding tapi tetep sounding aja. Hahaha.


Aku berharap banget semoga pas hari H (tanggal 19 Maret nanti) nggak ada halangan dan bisa jeprat jepret Bandung selama 24 jam! Sebenarnya agak khawatir juga sih masih bingung gimana caranya jeprat jepret saat tengah malam. Lumayan riskan juga kan keluyuran malem-malem. Well, I will figure it out later lol.

Sampai jumpa di tanggal 19 Maret 2016 nanti!
Follow @24hourproject Instagram, guys!

0 comments:

Post a Comment