Wednesday 20 December 2017

Barang Wajib Saat Hujan

pic source: pakistantoday.com.pk

Ketika sedang berjalan atau berkendara motor lalu terguyur hujan tanpa persiapan, tentu merasa kesal dengan diri sendiri, bahkan sampai menyalahkan hujan. Daripada menyalah-nyalahkan sesuatu yang tak bisa disalahkan, lebih baik persiapkan diri saja untuk menghadapi situasi hujan.


Saya sudah lama enggak ngerasain mengendarai motor sambil hujan-hujanan. Maklum, kemarin saat tinggal di Jatinangor hanya bermodalkan kaki dan kendaraan umum. Jadi enggak begitu mikirin persiapan kalau kehujanan saat mengendarai motor, cukup bawa payung aja.

Beberapa minggu lalu saya baru merasakan lagi mengendarakan motor sambil menerobos derasnya hujan. Karena saat itu saya mau kerja, jadi mau enggak mau tetap pergi ke kantor meskipun hujan deras tengah mengguyur kota. Menurut saya, hujan di Surabaya ini agak berbeda dari kota lain. Sekalinya deras ya bisa sampai bikin jalanan banjir bahkan durasinya lama, seperti yang saya rasakan waktu itu.

Mulai dari pengalaman kehujanan itu, saya musti mempersiapkan beberapa barang yang berguna saat menghadapi hujan. Supaya saya tidak mengutuki diri sendiri lagi ketika basah kuyup akibat hujan, hahaha. Baiklah, berikut barang-barang wajib yang perlu disediakan ketika hujan (rainy day essentials) menurut versi saya.

chinasmack.com
1. Jas Hujan
Ini sudah barang mutlak untuk pengendara motor maupun pesepeda. Bahan dan harga bervariasi juga. Mulai dari yang berbahan goresek (keresek/plastik) dengan harga goceng sampai bahan macam gore-tex yang harganya ratus ribuan. Pokoknya jas hujan harus selalu berada di jok motor. Untuk jaga-jaga, simpan juga jas hujan kresek sekali pakai yang harganya sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 di dalam tas. Antisipasi jika sewaktu-waktu diperlukan.

2. Payung
Perlu banget ketika lagi berjalan kaki. Supaya lebih efisien, gunakanlah payung lipat. Jadi, bisa dimasukin di tas maupun jok motor.

3. Rain Cover Bag

Barang yang tidak kalah pentingnya, terutama yang suka bawa barang elektronik seperti laptop atau kamera. Tapi, untuk diketahui juga kalau rain cover enggak begitu menghalangi rembesan air, apalagi kalau hujan deras. Jadi, kalau dirasa hujannya sudah deras sekali dan membawa alat elektronik, lebih baik berteduh.

4. Jaket
Supaya badan enggak kedinginan. Lebih bagus lagi kalau jaket yang dikenakan berbahan waterproof. Jadi, kalau buruk-buruknya jas hujan enggak mempan nahan air hujan, seenggaknya bisa tertahan oleh jaket waterproof yang dipakai. Biasanya jaket dengan merk outdoor jual jaket berbahan waterproof.

5. Sandal, Baju Ganti, dan Handuk Kecil
Daripada sepatu basah, ngeringinnya lama, kaki jadi enggak nyaman pula, lebih baik bawa sandal jepit cadangan. Sandal jepit bisa disimpan di jok motor. Kalau hujan kan bisa ganti alas kaki.

Lebih bagus juga kalau bawa pakaian dan celana ganti, khususnya buat para pekerja kantoran seperti saya nih. Belajar dari pengalaman kemarin saat saya terjebak banjir dan hujan deras. Ternyata jas hujan yang saya pakai enggak mampu menahan air hujan. Alhasil ngerembes dan baju celana jadi basah kuyup. Kerja pun jadi kurang kondusif, pulangnya malah sakit. Lah jadi curhat.

Sedangkan untuk handuk kecil, cukup berguna lho untuk mengelap tangan serta wajah jika kebasahan akibat terkena air hujan.

6. Dry Bag
Kalau mau total banget persiapannya, barang satu ini sangat membantu untuk mengamankan peralatan yang dibawa agar tidak basah, alat elektronik misalnya. Harga dry bag variatif, tergantung ukuran dan merk. Paling murah tentu dengan ukuran kecil (3L atau 5L, cukup untuk menyimpan barang-barang kecil-sedang) yang dibanderol tidak lebih dari Rp 100.000. Sedangkan dry bag yang muat menyimpan barang besar seperti laptop bisa menggunakan yang berukuran 30L. Salah satu merk outdoor lokal ada yang menjual dry bag ini dalam bentuk tas ransel. Harganya sekitar Rp 400.000-an.

amazon.com
Hanya saja, kekurangan dry bag memiliki bahan yang tebal. Sehingga dry bag cukup menguras ruangan jika dimasukkan ke dalam tas. Selain itu, bentuknya juga bulat. Tapi, ada juga kok dry bag yang berbahan ultralight. Lebih tipis dan ringan. Beberapa barang merk outdoor menjual drybag ultralight ini seperti Osprey, Deuter, atau Sea to Summit.



7. Kantong HP Waterproof
Barang ini berguna untuk melindungi ponsel supaya tidak kebasahan kena air hujan. Selain itu kalau lagi darurat kan tetap bisa menggunakan ponsel meskipun dalam kondisi hujan. Sekarang banyak sekali kantong anti air ponsel yang tetap membuat ponsel tetap responsif sekalipun dilapisi oleh plastik.



8. Kantong Plastik / Kresek
Lumayan bermanfaat lho membawa kantong plastik kemana-mana. Apalagi kalau situasinya sedang hujan. Bisa untuk melindungi beberapa barang dengan cara membungkus pakai kantong plastik ini. Enggak cuma melindungi barang dari air, tapi juga bisa menyimpan barang yang kotor (bisa karena kena becek, dll) agar tidak mengotori barang lainnya.

9. Helm Berkaca
Detail banget ya sampai mikir ke helm yang ada kacanya. Ini juga penting demi kenyamanan dan keamanan. Kaca helm diperlukan selain agar wajah tetap kering, tetapi juga supaya mata tetap leluasa melihat jalan karena tidak terganggu oleh guyuran hujan. Kalau helm tidak ada kacanya, bisa diganti dengan menggunakan kacamata biasa. Tapi, lebih baik pakai helm yang langsung ada kacanya sih.


Thermos Central

10. Botol Minum Termos
Ini sebenarnya optional aja, sih. Lumayan kan menyimpan minuman hangat setelah berjuang menerobos hujan. Selain meredakan hawa dingin, juga meredakan stres karena minuman hangat bisa membuat relaks pikiran.




Sedikit tips, kalau tiba-tiba bertemu jalanan yang terendam banjir, sebisa mungkin cari dataran jalan yang agak tinggi demi menghindari genangan air. Jauhi tiang listrik. Kalau motor sampai mogok, ya wayahnya dorong motor dan melipir untuk berteduh sementara.

Penting untuk dilakukan usai terkena air banjir: cuci dan bersihkan bagian tubuh yang kena air banjir. Demi menjaga kesehatan. Kita kan enggak tahu air banjir itu mengandung apa. Tapi, yang pasti air banjir itu banyak kumannya (mereun). Belum lagi kalau misalnya terdapat indikasi air kencing tikus serta sampah. Jadi, lebih baik setelah sampai tujuan, langsung bersihkan badan.

Satu lagi, ketika hujan sudah sangat amat deras, lebih baik berteduh sejenak untuk menghindari resiko. Soalnya, kalau derasnya hujan sudah meningkat, selain muncul angin kencang, jarak pandang juga jadi berkurang. Belum lagi resiko jalanan licin, lubang jalan, dsb. Jadi, utamakan keselamatan, ya.

Semoga info ini bermanfaat untuk menyambut musim hujan!

0 comments:

Post a Comment