Monday, 7 March 2016

Bermain ke Hawu-Pabeasan #SaveTempatBermain

Sepertinya sudah setahun lebih saya kepengen banget main ke Gunung Hawu. Lebih tepatnya menghampiri Suku Badot. Awal mula saya tau Suku Badot itu dari IG temen saya, namanya Yoga. Yang kemudian dibuatlah IG khusus Suku Badot dan saya suka kepo sama Suku Badot.

Gunung Hawu
Apa sih itu Suku Badot? Singkatnya sih sebuah komunitas di sekitaran Gunung Hawu - Pabeasan yang sengaja dibentuk untuk melindungi kawasan karst tersebut dari eksploitasi tambang dengan cara meramaikan kawasan Gunung Hawu-Pabeasan. Saat ini Gunung Hawu-Pabeasan semakin populer. Tidak hanya sebagai tempat untuk panjat tebing, tetapi juga wisata umum dengan wahana hammocking di atas tebing, rapeling, slackline, dan kegiatan lainnya.

Lokasi tambang di sekitar Gunung Hawu

Setelah sekian lama, akhirnya kemarin saya mampir ke Gunung Hawu! Yay! Padahal sebenarnya Gunung Hawu-Pabeasan ini dekat dari Jatinangor. Hanya naik bus sekali saja. Tapi, main kesana entah kenapa susahnya minta ampun hahaha. Kemarin saya pergi sendirian karena Yasmin tidak jadi ikut. Saya pergi ke Gunung Hawu sekalian mau mampir ke Citatah 125 (Gunung Pabeasan) untuk menghampiri adek-adek Pantera yang lagi mabim Panjat Tebing.

Awalnya tiba di Gunung Pabeasan langsung menghampiri sekre Karang Taruna Citatah 125 dan kemudian menghubungi teman saya, Yoga. Lalu, saya dijemput dengan Kang Yedi untuk pergi ke Gunung Hawu. Ternyata lokasinya nggak begitu jauh dari Citatah 125. Setibanya disana, saya senang bangeeet akhirnya nggak lihat dari IG doang! HAHAHA! Di tebing ketemu dengan Yoga yang lagi bawa tamu dari Malaysia (Suku Badot goes to International guys!). Lalu, saya diajak nyobain hammocking diatas tebing juga! So cool! Awalnya sih serem, karena saya emang takut ketinggian. Tapi, setelah naik di hammock, rasanya rileks. Disuguhi pemandangan yang kece dari atas!


Hammocking diatas ketinggian 70 meter!


Bersama tamu Suku Badot dari Malaysia

Setelahnya, saya dan Yoga kembali ke Citatah 125. Saya menghampiri adek-adek Pantera yang lagi mabim dengan materi SRT. Untuk pertama kalinya saya nyobain manjat di Citatah 125. As I expected, NOPE. I'm not good enough to climb. Baru beberapa pijakan udah jatuh. Hanya coba sekali dan berhenti. Hahaha.

Single Rope Technique

Cuma bisa melongo hahaha (photo by Kang Apipo)

Turun dari Citatah 125 menuju sekre Karang Taruna lagi. Nimbrung sama Yoga dan Om Ebet, kemudian diajakin ke tebing Hawu lagi katanya mau manjat. Sebelum pergi, penyerahan simbolis bibit pohon yang saya bawa ke warga lokal di sekitaran Pabeasan. Iyak! Saya sengaja bawa bibit pohon durian untuk ditanam disekitar Hawu-Pabeasan. Ini pertama kalinya saya nabung pohon. Semoga beberapa tahun kedepan buahnya tumbuh dan nggak usah beli durian lagi, tinggal petik. :D

Penyerahan bibit pohon
Tempat pemanjatan Tebing Hawu terletak di belakang Gunung Hawu. Saya pernah lihat kalau Tebing Hawu itu tengahnya berlubang. Nah, untuk bisa melihat lubangnya itu, di belakang Tebing Hawu ini.

Bolong kan!
Selain itu ada juga saung Suku Badot yang berada di dekat spot pemanjatan. Kemarin anak-anak Suku Badot lagi berkumpul. :)


Saung Badot
Sambil nunggu Om Ebet, saya diajak Yoga ke sawah belakang Tebing Hawu untuk melihat Tebing Hawu dari jauh dan jalan-jalan di sekitar sawah kampung Cidadap.


Gunung Hawu dilihat dari sawah

Udah mau panen!

Babeh lagi ngusirin burung

Nongkrong di warung
 Beruntungnya saya saat mampir ke Gunung Hawu-Pabeasan cuacanya lagi lumayan cerah dan belum hujan. Padahal lagi musim hujan dan hampir setiap hari pasti hujan. Nah, hujannya baru turun pas saya sudah mau pulang ke Jatinangor lagi.

Cerah kan :D
Terima kasih buat temen-temen Suku Badot, terutama Oga yang sudah mau nemenin main seharian!! Seneng banget! Kapan-kapan harus mampir lagi dan ikut berkegiatan dengan teman-teman Suku Badot! :D

Om Ebet. Jago manjat dan salah satu founder Suku Badot juga lhooo!

Oga! Salah satu founder Suku Badot juga :D





#SukuBadot #SaveTempatBermain


Jangan lupa follow Instagram @SukuBadot untuk tau kegiatan apa saja yang akan diadain disana. Kalau mau mampir juga bisa kontak Suku Badot. Detailnya ada Instagram Suku Badot. Yuk main ke Hawu! #SukuBadot #SaveTempatBermain

2 comments:

  1. tebing gunung hawu emang paling mantep, gokkss. harus nyempetin kesini nih ke wisata alam bandung . nice post gan :)

    ReplyDelete