Friday 5 September 2014

Dieng Culture Festival 2014

Udah lama banget gue pengen mampir ke Dieng. Mungkin sejak setahun yg lalu. Daaaan penantian itu akhirnya tiba. Gue berhasil ke Dieng! Selain itu, gue ke Dieng ada acara festivalnya. Yay!

Awalnya gue gak begitu excited dengan festival Dieng ini. Gue cuma tau infonya berlalu lalang di twitter. Tiket VIP habis. Dan gue biasa aja. Sambil nungguin kloter tiket dijual lagi, gue cari temen yg bisa dan mau gue ajakin kesana. Hasilnya? Gak ada yg pada mau ke Dieng. Gue yg mempunyai prinsip “mending pergi sendiri daripada gak pergi gara-gara gak ada temen”, akhirnya memutuskan untuk beli tiket dulu. Sisanya biar takdir yg menentukan.

Penjualan tiket dibuka. Gue niatnya mau beli kelas Festival aja. Lumayan murah. Tapi, entah mengapa kelas VVIP begitu menggoda. Gue yg harusnya mencet tombol Festival, banting setir dan memilih VVIP. Gue beli tiket, VVIP, gak punya temen pergi kesana, dan gak tau mau tinggal dimana. Pinter banget gak sih gue?


Abis beli tiket, gue iseng ngetwit cari barengan yg dari Bandung. Alhamdulillah ada yg waro dan ada 2 orang yg bales mensyen gue. Dan pada akhirnya takdir mengantarkan gue untuk berangkat ke Dieng bersama Kak Kandi, dkk. Ada lagi Kak Keisha, yg juga bales mensyen gue yg kemudian ikutan pergi bareng ke Dieng.

Tanggal 29 Agustus 2014, jam 19.00 WIB, dimulailah perjalanan menuju Dieng dengan menggunakan bis Bandung - Wonosobo dari terminal Cicaheum seharga Rp 70.000.

Tanggal 30 Agustus 2014, jam 10.00 WIB, akhirnya gue menginjakkan kaki di Dieng Plateau. OMG DIENG INDAH BANGET!!! Kanan kiri depan belakang background-nya amazing. Gue hampir meneteskan air mata karena kesampean juga gue nginjek kaki di Dieng yg indah sangat! (OKE INI LEBAY).



Suasananya cerah terik dan ramai orang. Banyak banget pengunjung yg dateng demi DCF. Setelah menukarkan tiket dg id pass, kita cus mendirikan tenda. Siangnya gue ngider nyari colokan buat ngecas hape. Disini gue ketemu temen gue anak UIN Jogja yg ternyata jadi panitia DCF. Awalnya gue gak ngeh sama orang ini, tapi familiar. Ternyata emang pernah ketemu di UIN! Namanya Mas Dian. Setelah itu, gue dianterin ke toko sama Mas … (lupa namanya…) buat ngecas hape. Gue ngobrol sama si Mas ini dan gue pesen kentang goreng di toko. Gak enak keleus numpang ngecas doang hehehe. Kentang Dieng gendut-gendut dan enak parah! Gue sampe kenyang makan kentang. Di toko gue juga cicip-cicip tester makanan khas Dieng. Paling enak adalah keripik Jamur Tiram. Gue cobain tester-nya banyak bingit hehehe.

Balik ke tenda dan diajakin pergi ke Telaga Warna. Telaga Warna indah banget. Warna air danaunya hijau toska dan ada yg warna abu juga. Semacam Ranu Kumbolo-nya Dieng. Bisa juga diliat dari atas Kemaren gue ngintip Telaga Warna lewat Petak 9.

Sorenya, sunset Dieng indah banget banget.

Oh iya, ada makanan khas Dieng loh, yaitu Mie Ongklok. Tapi gue gak sempet coba. Gue juga sempet minum minuman khas Dieng, yaitu Purwaceng. Minuman khas Dieng yg rasanya kayak Jahe gitu, tapi bahannya berupa Purwaceng. Semacam umbi-umbian. Memiliki khasiat untuk menguatkan tubuh. Purwaceng kenceng. Adalagi yg terkenal dari Dieng, yaitu buah Carica. Dilihat dari pohonnya sih masih satu spesies dengan Pepaya. Tapi, bentuk buah dan rasanya berbeda dengan Pepaya. Rasa buahnya manis, enak banget. Dan buah ini cuma tumbuh di Dieng loh!

Di pinggir jalan banyak yg jualan gitu dan gue tertarik mampir ke tempat jualan jaket. Jaket brand second. Eh ternyata yg jualan orang Bandung dan barangnya dari Gedebage. Oke. Jauh-jauh ternyata bertemu dengan barang Gedebage….

Malemnya suhu semakin dingin. Gue ngider lagi sendirian dan mampir di sebuah warung. Sekalian numpang ngecas. Ternyata orang warungnya lagi anget-angetan pake anglo, semacam alat yg isinya bara berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Gue numpang anget-angetan juga deh hehe. Sambil ngobrol sama penjual warungnya. Si ibu lucu pisan. Cerewet.

Penerbangan lampion dan kembang api udah dimulai. Gue nulis lampion gue say hi buat icol. Pas lagi dikembangin, robek dikit. Lampionnya rapuh banget jadi harus pelan-pelan. Parafin gue bakar dan alhasil gagal terbang. Sedih da… Setelahnya nonton Jazz Atas Awan. Rame banget banget banget sampe blusukan. Nemu lapak kosong, duduk. Setengah jam kemudian menggigil kedinginan. Balik ke tenda deh. Sempet anget-angetan di api unggun. Tapi cuma bentar gue pengen bobok.

Gue tidur pake kaos, sweater, 2 jaket, bivvy warmer, dan sleeping bag. Pake 2 lapis kaos kaki juga. Tetep kedinginan, sodara-sodara. Tangan gue keluarin dari sb, dinginnya macam di freezer!!! Air aqua gue kayak air dikasih es batu terus dimasukin ke kulkas. Pala gue langsung puyeng brain freeze. Yg gue bingungin, kenapa bivvy warmer gue berair.

Paginya gue kebelet pipis. Gue keluar tenda. SUBHANALLAH DINGINNYA MASYA ALLAH GAK PAHAM LAGI!!! Gue gak pake sarung tangan, tangan gue mulai perih kedinginan. Sampai di toilet kudu ngantri. Gue diem kan tambah dingin. Akhirnya masuk ke toilet. Tangan gue makin sakit nyentuh air karena kedinginan. Keluar dari toilet, gue ke tenda. Gue geleng-gelengin kepala kayak ada yg tumpah-tumpah. Taunya di atas kupluk gue es semua. Tenda juga dihiasin dengan gumpalan es. Pokoknya es semua. Dieng awesome banget! Embun rumput aja jadi es. Keren pisan.

Siangnya ke ritual ruwatan rambut gimbal. Gue bingung cari jalan buat kelas VVIP. Gue muter lari-lari karena takut acaranya selesai duluan. Taunya pintu cuma satu dan terpaksa gue harus ikutan ngantri. Sempet kesel sih. Udah mahal-mahal gue beli VVIP tapi masuknya sama aja ngantri panjang. Tapi, alhamdulillah nontonnya di depan banget barisan VVIP. Walaupun ternyata gue nyasar malah duduk di kelas VIP -____-“ Tapi gapapa, karena gue duduknya pas banget didepan panggung ritual. So bisa ngelihat dengan jelas, gak perlu ketutupan orang lain.


Beres ruwatan. Gue nangkring di toko sambil beli oleh-oleh buah Carica dan ngecas hape. Setelah itu gue balik ke tenda dan beres-beres. Jalan ke tenda blusukan saking ramenya. Karena warlok juga ikutan nonton di festival, jadi tambah rameeeeee.

Pulangnya gue menuju Jogja. Ingin bertemu dengan Brenda dan mas Icol. Yah, awalnya niat mau ke FKY tapi macam gak ada yg pengen kesana :(

Overall, gue seneng banget bisa ikutan ke acara DCF. Keren banget!! Apalagi pas malam penerbangan lampion dan kembang api, itu adalah momen terfavorit dan romantis (apalagi kalo sama pacar...). Gue berharap bakalan bisa balik lagi ke Dieng untuk hunting sunrise dan ikut acara DCF tahun depan. Pokoknya Dieng recommended abis!

0 comments:

Post a Comment